Gula Kelapa Gula Jawa

KEBUMEN PURWOKERTO - Bicara mengenai Kabupaten Kebumen, disamping sebagai penghasil sarang burung walet, juga penghasil gula kelapa.

Sebagai putra daerah, saya sejak kecil sudah terbiasa dengan yang namanya gula kepala atau gula merah yang orang didesa saya menyebutnya gula jawa.

Cara pembuatannya cukup mudah, namun butuh tenaga banyak. betapa ; "pagi buta sudah naik pohon kelapa menurunkan nira, agak siang cari kayu bakar, lalu isteri dirumah "nggeneni" nira tersebut sampai menjadi gula yang ada dipasaran." ucap salah seorang penderes nira.

Lebih lanjut diceritakan oleh penderes tersebut (yang namanya tidak saya sebutkan, hehehehe...) "jenis gula jawa itu ada dua macam, yang pertama adalah gula jawa yang diolah dengan obat-obatan kimia (non organic), dan yang kedua adalah gula jawa yang diolah secara organik menggunakan kapur dan tatal kayu" tambah-nya disela-sela perjalanan.

Lebih Aman Konsumsi Gula Jawa Organik

Balai Penelitian Obat dan Makanan kabupaten Kebumen telah meneliti kandungan zat-zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh dari gula jawa yang organik ini. Dalam gula jawa terkandung zat-zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, yang diantaranya:
- Kalori
- Kalsium
- mineral
- protein kasar
- Serat pada warna coklatnya
- vitamin
- senyawa-senyawa yang berfungsi menghambat penyerapan kolesterol di saluran pencernaan.

Blog
Ini critannya mau nulis blog, tapi bahasanya malah kaku kaya bahasa media, cukup sulit mengubah cara dan gaya penulisan. (Paminto)

Subscribe to receive free email updates: