Cara Membuat Lemet Singkong Gula Merah Kenyal

Resep Lemet Singkong Gula Merah KenyalCara Membuat Lemet Singkong Gula Merah Kenyal – Kue tradisional yang bahan dasar pembuatannya menggunakan singkong adalah lemet. Kue khas berbungkus daun pisang ini masih termasuk ke dalam kategori kue basah dengan rasa sajian manis serta bertekstur kenyal.
Rasa manis yang ditimbulkan adalah hasir dari campuran gula merah dan gula pasir pada saat pengolahan singkong menjadi adonan lemet. Selain manis, kue yang dimasak dengan cara dikukus ini juga berasa gurih dari hasil tambahan irisan kelapa pada pembuatan adonanya.
Meski tidak sepopuler kue-kue modern seperti cup cake, pancake atau donat namun lemet singkong masih menjadi andalan suguhan makanan ringan di berbagai even sederhana seperti hajatan atau syukuran.
Lemet singkong tentunya tidak akan anda temui di toko-toko kue, meskipun ada paling bisa di dapat di pasar tradisional dan kemungkinannya sangat jarang sekali. Jadi untuk dapat menikmati lemet singkong memang harus membuatnya sendiri. Namun tak usah khawatir akan itu karena cara membuatnya juga tidak sulit-sulit amat kok. Dengan cara pembuatan lemet singkong seperti di bawah ini anda bisa menduplikasikan dan mengkreasikannya di rumah.

Komposisi
  • Singkong1 kg
  • Gula merah 500 gr, sisir
  • Gula pasir 3 sdm
  • Garam 1 sdt
  • Vanili bubuk 1 sdt
  • Kelapa ½ butir, parut/iris kecil
  • Secukupnya air putih
  • Secukupnya daun pisang
Langkah Membuat Makanan Ringan Keyal Manis Lemet Singkong Gula Merah
  1. Bersihkan singkong dengan cara dikupas bagian kulitnya lalu dibersihkan.
  2. Parut singkong dan tampung dalam wadah baskom.
  3. Campurkan singkong yang sudah diparut halus dengan sisiran gula merah dan gula pasir lalu aduk merata.
  4. Masukkan juga irisan daging kelapa yang sudah disiapkan ke dalam campuran parutan singkong tersebut bersama tambahan bahan lainnya seperti vanili bubuk dan garam halus. Aduk merata.
  5. Siramkan air ke dalam campuran bahan dalam wadah baskom secara perlahan dan aduk merata dengan menggunakan tangan.
  6. Siapkan daun pisang yang sudah disobek dengan ukuran kecil sedang dan bungkus adonannya dengan takaran masing-masing mencapai 4 sdm.
  7. Masukkan adonan yang sudah selesai dibungku ke dalam pengukusan dan kukus matang. Durasi pengukusan dapat berlangsung hingga 35 menit lamanya. Angkat dan sisihkan.
  8. Lemet singkong siap disajikan.
Demikian langkah-langkah dalam pembuatan kuliner tradisional lemet singkong gula merah. Silahkan dicoba resepnya dan semoga berhasil.

Subscribe to receive free email updates: